SEJARAH APRIL MOP BAGI UMAT ISLAM


Banyak dari umat islam khususnya para remaja, sering mendengar tentang perayaan “April Mop” atau “April Fools’ Day” yang dirayakan pada tanggal 1 april setiap tahunnya. Kebudayaan barat menganggap tanggal 1 april adalah hari istimewa, karena pada hari itu setiap orang diperbolehkan untuk berbohong atau membuat lelucon, tanpa rasa bersalah atau pun dipersalahkan. Orang-orang yang merayakan april mop sering kali melakukan lelucon atau gurauan kepada teman, sahabat, keluarga atau bahkan musuh mereka dengan tujuan mempermalukan orang tersebut. Sering kali lelucon itu dilakukan di depan banyak orang atau bahkan di rekam melalui kamera.
Sejarah perayaan april mop memang sudah melintasi puluhan generasi, bahkan beberapa pihak meyakini, perayaan april mop sudah ada sejak kehidupan masyarakat kuno dan prayaan kaum pagan. Beberapa yang lain mengatakan perayaanapril mop mulai sejak reformasi penanggalan di wilayah Prancis.
Namun bagi umat islam perayaan april mop adalah simbol pembantaian yang melukai hati umat islam. Sayangnya kini banyak remaja muslim yang juga bergembira ikut merayakan april mop, tanpa mengerti sejarah kelam dan intrik-intrik dibalik peristiwa april mop bagi umat islam.

Tahukah kamu...????
April mop dirayakan sebagai euforia kegembiraan tentara spanyol yang telah membunuh jutaan umat islam di andalusia pada abad 8 masehi wilayah spanyol telah dikuasai oleh umat islam dibawah pimpinan salah 1 panglima perang terhebat dalam sejarahislam “Thariq Bin Zihad” sejak itu wilayah andalusia di spanyol selatan yang meliputi Granada, Kordoba, Todelo dan Sevia menjadi kota yang makmur dan kaya pradaban dibenua Eropa. Kota-kota tersebut dibawah kepemimpinan pemerintahan islam selama tidak kurang dari 6 abad lamanya. Kaum kafir tidak tinggal diam, mereka berusaha kembali merebut andalusia dengan cara menyerang pemikiran umat islam melalui budaya dan pengiriman mata-mata, pergaulan bebas, rokok, dan alkohol gratis, perlahan-lahan mulai akrab dengan kehidupan sehari-hari masyarakat muslim spanyol. Beransur-ansur wilayah kekuasaan islam dapat kembali dikuasai oleh tentara salib,Granada adalah kota terakhir yang berhasil direbut oleh tentara salib dan dikota itu pula peristiwa berdarah 1 april terjadi.
Pada tahun 1478 masehi atau bertepatan dengan 892 Hijiriah, setelah berhasil merebut kota Granada, pasukan spanyol meneriakkan secara lantang kepada seluruh penduduk muslim dikota itu yang masih bertahan dan selamat di persembunyiannya, bahkan mereka dipersilahkan untuk berlayar keluar spanyol dengan membawa harta benda mereka. Keesokan harinya tepat tanggal 1 april, ribuan penduduk muslim sudah berkumpul dipelabuhan berfikir bahwa mereka akan dibebaskan dan berlayar keluar spanyol, namun itu hanyalah sebuah tipuan dan lelucon belaka dari tentara spanyol. Ketika ribuan warga muslim andalusia sudah berkumpul dipelabuhan, rumah mereka justru dibakar oleh tentara spanyol dan dengan 1 kali komando, tentara menyerang dan membunuh ribuan umat islam yang kebanyakkan adalah wanita dan anak-anak. Takdir menggema seiring mengalirnya darah dari para syuhada’, hingga merubah warna air laut yang biru disekitar pelabuhan menjadi merah kecoklatan, kebohongan dan tipu daya telah menjadi alat untuk membantai ribuan umat islam ketika itu.
Dan tahukah kamu? Allah SWT telah memperingatkan umat islam tentang tipu daya dari para kaum yang akan selalu berusaha menghancurkan islam. Allah SWT berfirman :
“Sesungguhnya orang kafir itu merencanakan tipu daya yang jahat dengan sebenar-benarnya”.(Q.S At-Thariq:15). Dan sejak saat itulah perayaan april mop pada tanggal 1 april sebagai hari dimana seseorang diperbolehkan melakukan tipu daya dengan gembira dengan tidak dipersalahkan, akan selalu melukai hati umat islam.
Ikut merayakan april mop meski hanya untuk sekedar bersenang-senang dilarang dalam islam, tidak hanya karena sejarah kelam dibalik perayaan tersebut, tetapi juga karena dalam islam tipu daya yang dilakukan untuk menjatuhkan orang lain adalah salah 1 perbuatan dosa. Rasulullah SAW bersabda : “Celakalah bagi orang yang bercerita kepada satu kaum tentang kisah berbohong dengan maksud agar mereka tertawa. Celakalah dia celakalah dia.”(Hadits riwayat Abu Dawud & Tirmidzi).
Perayaan april mop juga sangat dekat dengan perbuatan bohong dan dusta, dan tidak memberika pesan-pesan positif bagi orang lain. Dalam islam berbohong atau berdusta adalah perbuatan yang dilarang oleh Allah SWT karena memiliki dampak buruk bagi seseorang.
1. Berbohong adalah perbuatan berhianat yang dapat menghancurkan kepercayaan seseorng. Berbohong juga menjadikan seseorang bertindak layaknya seorang munafik.
Rasulullah SAW bersabda: “4 hal yang itu terhimpun pada diri seseorang, maka dia adalah seorang munafik sejati dan jika melekat salah satunya, maka dalam dirinya dapat 1 sifat dari kemunafikkan hingga ia meninggalkannya, yakni jika dia diberi kepercayaan dia berhianat, jika berbicara ia berdusta, jika berjanji ia mengingkari, dan jika bertengkar ia berbuat aniaya.”(Hadits riwayat Al Bukhari).
2. Berbohong dapat mengacaukan fikiran seseorang dan dapat menimbulkan perasaan dendam, karena tidak semua lelucon dan gurauan yang kita lakukan dapat diterima dengan baik oleh orang lain, terutama jika terkandung kebohongan didalamnya. Oleh karena itu, ajaran islam mengajarkan seseorang untuk selalu berbicara yang baik dan menjaga perilaku terhadap orang lain. Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, maka hendaklah ia berbicara yang baik atau diam.”(Hadits riwayat Muslim”. Namun hal tersebut bukan berarti islam melarang umatnya bersenda-gurau atau tertawa dengan sesama. Dalam islam gurauan atau candaan adalah sesuatu yang diperbolehkan, selama itu tidak mengandung kebohongan atau keburukan, bahkan Rasulullah SAW pun bersenda-gurau dengan para sahabat. Dikisahkan oleh AbuHurairrah Radhiyallahu’anhhu, para sahabat bertanya kepada Rasulullah SAW “Wahai Rasulullah apakah engkau juga bersenda-gurau bersama kami, Rassuluullah menjawab: tentu, hanya saja aku selalu berkata benar.” Hadits riwayat Ahmad. Oleh karena itu setiap umat muslim, terutama remaja,haruslah cermat untuk  mempelajarii dan menyerap kebudayaan asing, karena tidak semua pengetahuann dan kebudayaan asing yang ada saat ini dapat memberi manfaat daann dampak positif bagi kita.
Sejarah adalah 1  ppelajaran berharga dimasa depan. Peristiwa pembantaian umat islam 1 april, seharusnya menjadi pengingat betapa kelam dan kejamnya peristiwa yang menimpa saudara-saudara kita pada saat itu. Para pembantai bahkan menertawakan dan merayakan peristiwa itu, seperti sebuah lelucon yang menghiburkan. Allah SWT berfirman: “Jika kamu memperoleh kebaikan, niscaya mereka bersedih hati, tetapi Jika kamu mendapat bencana, mereka bergembira karenanya. Jika kamu bersabar dan bertakwa, niscaya tipu daya mereka sedikitpun tidak mendatangkan kemudharatan kepadamu. Sesungguhnya Allah mengetahui segala apa yang mereka kerjakan. (QS: Ali Imran Ayat: 120).
Ironisnya berapa abad kemudian peristiwa pembantaian berdarah itu justru dirayakan oleh jutaan remaja muslim, seperti sebuah keharusan dalam gaya pergaulan masa kini.
Allah berfirman  “Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya.” (Q.S Al Isra:36).



Sumber            : Mozaik Islam

0 Response to "SEJARAH APRIL MOP BAGI UMAT ISLAM"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel