KEISTIMEWAAN SHOLAT SHUBUH



Subuh adalah waktu yang sangat istimewa, subuh merupakan saat pergantian dari malam ke pagi, dari gelap menuju terang, begitu istimewanya waktu subuh, sehingga Allah SWT menurunkan perintah shalat shubuh, sebagai mana diterangkan dalam Al-Qur’an “Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam, dan dirikanlah pula shalat shubuh, sesungguhnya shalat shubuh itu disaksikan oleh malaikat” (Q.S. Al-Isra’ : 78)
Panggilan Adzan untuk shalat shubuh berbeda dengan shalat fardhu lainnya, tambahan kalimat “Ash-shalaatu khoirum minan nauum” yang artinya “shalat itu lebih baik dari pada tidur” mempertegas bahwa shalat shubuh mempunyai keistimewaan tersendiri. Shalat shubuh adalah shalat wajib yang jumlah rakaatnya paling sedikit diantara shalat fardhu lainnya yaitu hanya 2 rakaat, namun bagi sebagian orang shalat shubuh sering kali begitu berat untuk dilaksanakan meskipun telah mendengar panggilan Adzan, lalu mengapa Allah memerintahkan hambanya untuk bangun pagi yang masih gelap, dingin, dan sepi, pada hal waktu shubuh adalah waktu yang paling nikmat untuk terlelap. Tidak ada sesuatu pun didunia ini yang Allah ciptakan bila tidak bermanfaat bagi manusia apalagi perintah shalat shubuh.
Keajaiban shalat shubuh diantaranya :
1.      Membuka Jalan Rizki
Diriwayatkan oleh Ali Bin Abu Thalib Rhadiolahu Anhu selepas shalat shubuh, Rasulullah mendekati putrinya Fatimah tengah tertidur, maka beliau membangunkannya dan mengatakan “Hai Fatimah bangun dan saksikanlah rizqi Rab-mu, karena Allah membagi-bagikan rizqi para hamba antara shalat shubuh dan terbitnya matahari.” (Hadits riwayat Al Mundziri)
Dalam hal ini bukan berarti bahwa seorang hamba yang sudah melaksanakan shalat shubuh kemudian serta merta memperoleh uang, makanan, namun barang siapa bangun diawal hari kemudian melaksanakan shalat shubuh tepat waktu, maka mereka termasuk orang-orang yang taat kepada Allah, sehingga Allah akan menjaganya sepanjang hari dan memberikan kemudahan dalam menjalani segala urusannya, dari sisi spikologis seseorang yang bangun lebih awal akan merasa lebih bersemangat dalam menjalani aktifitas kesehariannya, dengan demikian jelas bahwa muslimin yang melakssanakan shalat shubuh akan mendapatkan energi positif yang mendorngnya untuk bekerja keras dan menjemput rizqinya.
2.      Menghindarkan Diri Dari Neraka
Shalat shubuh juga merupakan penyelamat seseorang dari neraka, hadits riwayat Muslim menerangkan, Rasulullah bersabda “Tidak akan masuk neraka orang yang melaksanakan shslat sebelum matahari terbit dan sebelum tenggelamnya.” Dari hadits tersebut Rasulullah menjamin dengan ijin Allah bagi muslim yang memelihara shalat shubuh dan shalat azhar, maka tidak akan masuk neraka dan apabila telah berada di surga, maka para pemelihara shalat shubuh akan diberikan kenikmatan yang tidak ada tandingannya yaitu, melihat wajah Allah yang Mulia.
3.      Shalat Rawatib Shubuh Lebih Baik Dari Seluruh Isi Dunia
Begitu tinggi keutamaan shalat shubuh , sehingga Rasulullah pun meninggikan shalat sunnah 2 rakaat sebelum shalat shubuh atau dikenal juga dengan istilah shalat Rawatib Qobliyah Shubuh. Rasulullah SAW bersabda “Sungguh 2 rakaat itu sebelum shubuh lebih aku cintai dari pada seluruh dunia” hadits riwayat Muslim.
4.      Turunya Nabi Isa A.S ke Bumi
Sebuah Peristiwa diakhir zaman pun terjadi diwaktu shubuh yaitu, turunya nabi Isa A.S kebumi diriwayatkan dari Abu Humamah Al Bahili. Rasulullah bersabda “Imam mereka adalah laki-laki yang sholeh, ketika pemimpin mereka hendak maju kedepan untuk mengimami dalam shalat shubuh, tiba-tiba turunlah Isa Bin Maryam, maka mundurlah imam mereka kebelakang, supaya Isa maju untuk mengimami shalat. Isa lalu meletakkan tangannya diantara kedua bahunya pemimpin mereka sambil berkata “Majulah engkau dan pimpinlah shalat” karena sesungguhnya ia ditegakkan untuk kalian, akhirnya pemimpin mereka pun mengimami mereka shalat dan ketika shalat telah usai Isa berkata “Bukalah pintu” Hadits riwayat Ibnu Majab
5.      Mencegah Penyakit Jantung
Selain bagi penyelamat, shalat shubuh sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung, beberapa penelitian menyebutkan bahwa puncak terjadinya serangan jantung sebagian besar terjadi pada jam 6 pagi sampai jam 12 siang. Pada saat itu, pada sistem tubuh terjadi kenaikan tegangan saraf simpatis dan terjadi penurunan tekanan saraf para simpatis. Kenaikan tegangan saraf simpatis akan menurunkan tekanan darah, sehingga denyut jantung melambat, aliran darah pun lebih banyak ke daerah perut, sehingga mengakibatkan perasaan kantuk dan kecerendungan untuk beristirahat. Sementara mulai pukul 3 dini hari sampai dengan siang, dengan tiba-tiba tekanan darah berangsur naik, meski pun dalam keadaan tidur. Dan keadaan ini terjadi pada setiap manusia termasuk bayi. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Forgot Ignarro dan Murad, menemukan zat nitrik oksida yang diproduksi oleh tubuh manusia meskipun dalam keadaan tidur yang fungsinya untuk memperlebar atau mengembangkan pembuluh darah agar peredaran darah menjadi lancar. Nitrik oksida (No) berfungsi mencegah pembekuan darah, produksi zat No dapat ditingkatkan dengan aktifitas bergerak atau berolahraga. Apabila seorang hamba bangun pukul 3 dini hari kemudian berwudhu dan melaksanakan shalat malam dan dilanjutkan dengan berjalan ke masjid untuk shalat shubuh, maka produksi No dalam tubuh akan meningkat, sehingga dirinya akan terhindar dari resiko serangan jantung.
Shalat shubuh menjadi tolak ukur keimanan seorang hamba, hadits riwayat Ahmad menerangkan Rasulullah bersabda “Shalat terberat bagi orang-orang munafik adalah shalat isya’ dan shalat subuh, pada hal seandainya mereka mengetahui pahala dari kedua shalat tersebut, tentu mereka akan mendatanginya walaupun harus merangkak.” Shalat shubuh bukan hanya menjanjikan hadiah dan jaminan dari Allah SWT, namun Allah juga mengancam keras orang-orang yang meninggalkan shalat shubuh, siksa yang sangat pedih bagi orang-orang yang meninggalkan shalat, yaitu menghadapi sakharatul maut dalam keadaan hina, kemudian meninggal dalm keadaan sangat lapar dan haus, ketika didalam kubur masih ditambah siksa kubur, berupa kubur yang sangat sempit dan gelap, serta disiksa terus hingga datangnya hari kiamat.
Ketika datangnya hari kiamat pun masih mengalami kesusahan karena dibelenggu oleh malaikat, tidak akan dipandang oleh Allah dengan kasih sayang, tidak akan diampuni dosa-dosanya dan mendapat azab yang pedih lagi dineraka. Naudzubillah Summa Naudzubillah
Semoga kita senantiasa memelihara shalat shubuh dan shalat fardhu lainnya.

Sumber: Mozaik Islam

0 Response to "KEISTIMEWAAN SHOLAT SHUBUH"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel