FAKTA MENARIK TENTANG KEISTIMEWAAN SEDEKAH DALAM ISLAM


Allah SWT menyukai orang yang berbuat baik terhadap sesama, ajaran islam pun sangat kental dengan anjuran-anjuran untuk saling membantu sesama dari yang muslim hingga non muslim
Sedekah adalah salah satu cara yang Allah perintahkan kepada umatnya dalam membantu sesama. Sedeqah berasal dari kata SHADAQOH yang secara harfi’ah berarti benar, namun sedekah dapat didefinisikan sebagai segala bentuk kebajikan yang dilakukan yang tidak terikat oleh jumlah, waktu, dan bentuk pemberian.
Tahukah  kamu jika bersedekah adalah perbuatan yang sangat istimewa, karna sedekah dapat dilakukan oleh semua orang, bahkan jika seseorang tidak memiliki harta sekali pun. Sedekah memang sering kali identik dengan pemberian harta dari seseorang yang mampu kepada orang lain yang kurang mampu, namun sesungguhnya perbuatan yang termasuk dalam sedekah sangatlah luas dan sederhana.
Ada banyak kegiatan dalam keseharian kita yang tanpa kita sadari masuk dalam perbuatan sedekah. Saat kita membaca tasbih, tahlil, tahmid, dan bacaan dzikir lainnya kita juga sedang bersedekah, bahkan saat kita tersenyum atau sekedar menunjukkan arah bagi orang yang tersesat pun termasuk dalam perbuatan sedekah.
Rasullullah SAW bersabda “Senyum kalian bagi saudara adalah sedekah, beramal makruf dan nahi mungkar yang kalian lakukan untuk saudara adalah sedekah dan kalian menunjukkan jalan bagi seorang yang tersesat juga sedekah.” Hadits riwayat : Tirmidzi dan Abu Dzar
Perbuatan sederhana lainnya yang termasuk dalam sedekah adalah menjenguk orang sakit, meski terlihat sederhana namun perbuatan tersebut sangat berarti bagi orang yang sedang sakit. Saat seseorang yang sedang sakit, dia tentu ingin diberikan perhatian lebih oleh kerabat dan teman-temannya. Bentuk perhatian dan kasih sayang itulah yang jadi penyemangat bagi seseorang untuk terus berjuang melawan penyakitnya.
Rasullullah SAW barsabda “Barang siapa yang menginfakkan kelebihan hartanya dijalan Allah, maka Allah akan melipat gandakannya  dengan 700x lipat, dan barang siapa yang berinfak untuk dirinya dan keluarganya dan menjenguk orang sakit atau menyingkirkan duri, maka mendapat kebaikan 10x lipat. Puasa itu tameng jika ia tidak merusaknya, dan barang siapa yang Allah uji dengan 1 ujian pada fisiknya, maka itu akan menjadi penggugur dosa-dosanya.” Hadits riwayat : Ahmad
Allah SWT memang Maha Pemurah dan Penyayang bagi hambanya, Allah menyediakan begitu banyak ladang pahala bagi manusia yang mau berbuat baik bagi dirinya dan juga sesamanya. Saat seorang muslim berusaha untuk mendamaikan 2 orang yang berselisih, ia tidak hanya mendapat pahala karna kebaikannya, namun ia juga mendapatkan pahala karna telah bersedekah. Membantu mendamaikan orang yang berselisih juga termasuk sedekah.
Rasullullah SAW bersabda “Setiap ruas-ruas persendian setiap insan adalah shadaqoh, setiap hari dimana matahari terbit adalah shadaqoh, mengislahkan diantara manusia yang berselisih adalah shadaqoh.” Hadits riwayat Bukhari
Bahkan Perkawinan juga salah 1 ladang sedekah. Tahukah kamu dalam suatu pernikahan hubungan intim antara suami dan istri juga merupakan sedekah.
Sedekah adalah salah 1 perbuatan baik yang memiliki manfaat yang sangat luar biasa, begitu istimewanya sedekah hingga bersedekah sering kali dikatakan sebagai salah 1 ibadah yang dapat menyelesaikan segala bentuk permasalahan, lalu apa imbalan bagi orang-orang yang banyak bersedekah? Berikut keajaiban sedekah :
1.      Sedekah membuat seseorang menjadi lebih kaya
Logika matematis memang tak berlaku dalam hukum shadaqoh, saat seseorang menyisihkan sebagian hartanya untuk bersedekah, maka seharusnya jumlah hartanya akan berkurang, namun dalam hukum shadaqoh harta orang tersebut justru akan bertambah bahkan manjadi berlipat ganda, bukan hanya harga didunia saja yang bertambah, kekayaan diakhiratnya pun akan semakin bertambah. Allah SWT telah menjanjikan melipat gandakan pahala bagi siapa saja yang menyisihkan sebagian hartanya dijalan Allah. Allah berfirman “Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan meperlipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan. (surat Al-Baqarah:245)
Dan Allah Maha Menepati Janji
2.      Sedekah dapat menghapus dosa dan menolong seseorang dari siksa kubur
Rasullullah SAW bersabda “Sesungguhnya bersedekah dapat memadamkan panasnya kubur bagi seseorang yang memberikan sedekah dan sesungguhnya orang mukmin yang bernaung pada hari kiamat nanti dibawah naungan kita, sedekahnya .” Hadits riwayat : Hatta Barani Baihaqi
Namun di ingat harta yang di sedekahkan haruskan berasal dari sumber yang baik, dan di berikan dengan penuh keikhlasan dengan hanya mengharapkan ridho Allah semata. Harta yang diperoleh dengan cara yang tidak halal tidak akan membantu seseorang untuk mengurangi dosa-dosanya, bahkan jika disedekahkan seluruhnya pun, harta tersebut tidak akan menyelamatkan pemiliknya kelak ketika di zaumul hisab. Tahukah kamu sedekah diriwayatkan juga dapat membantu menyembuhkan beragam penyakit, bahkan dapat membantu seseorang untuk meninggal dalam keadaan khusnul khotimah.
            Allah SWT tidak memberikan cobaan kepada umatnya melebihi kemampuannya, maka jangan pernah putus asa dalam mencari kesembuhan, karna Allah memberikan banyak pintu bagi kesembuhan seseorang. Salah satunya yaitu dengan bersedekah dengan diiringi ikhtiar dan do’a. Rasullullah SAW bersabda “Peliharalah harta bendamu dengan cara mengeluarkan zakat, dan obatilah penyakitmu dengan sedekah, dan hadapilah cobaan yang datang bertubi-tubi dengan berdo’a dan merendahkan diri kepada Allah.” Hadits riwayat : Abu Dawud
            Ada begitu banyak amalan sedekah dalam kehidupan sehari-hari yang terkadang lupa untuk kita lakukan, pada hal ada begitu banyak pahala besar yang ada di balik tindakan kecil dalam kehidupan kita. Disisi lain sedekah juga mengingatkan kita untuk tidak bersikap sombong, karna segala apa yang kita miliki di dunia sesungguhnya kita dapatkah karna kemurahan hati Allah SWT.

            Sumber: Mozaik Islam

1 Response to "FAKTA MENARIK TENTANG KEISTIMEWAAN SEDEKAH DALAM ISLAM"

  1. Partisipasi dan amal jariyah dalam perluasan dan pembangunan masjidil
    haram dan masjid Nabawi

    1. Niat Ibadah ( dari Allah,Karena Allah dan untuk Allah)
    2. Membawa beberapa batu kerikil kecil yang Haq dari tanah air
    3. Point no 2 dapat dibawa sendiri/ dititipkan kepada Jamaah yang akan
    berangkat Umroh dan Haji
    4. Batu kerikil diletakkan diarea yg sedang dibangun/di Cor semen
    5. Atau dititipkan kepada pekerja pembangunan agar diletakkan ditempat
    tersebut
    6. Mudah-mudahan Allah Ridho dengan apa yang kita kerjakan

    * Umumnya waqaf qur'an
    * Tidak ada kotak amal di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi
    * Mungkin Batu kerikil tidak berarti untuk sebagian orang,akan tetapi
    jika diletakkan di kedua Masjid tersebut,paling tidak batu kerikil ini
    akan menjadi bagian terkecil dari bangunan tersebut.
    * Moment Perluasan dan Pembangunan Masjidil haram dan Masjid Nabawi

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel