Jadilah Orang-orang Yang Memakmurkan Ke Masjid

  
Assalamu’alaikum Wr.Wb
Sahabat "PM(Pemuda Masjid)" 

Kali ini saya akan membahas orang-orang pilihan Allah yang mau untuk memakmurkan Masjid, yang tentunya akan membuat kita lebih bersemangat untuk ke masjid. Yuks simak ringkasan saya ini..!!!

Masjid itu dari kata sajada-yasjudu-sujuudan, arti umumnya bersujud atau menyembah yang mengandung makna tunduk dan patuh. Masjid adalah tempat untuk melakukan ibadah, tunduk, patuh, taat kepada Allah SWT dan sebagai tempat berkumpulnya orang-orang shalih.

Dalam kehidupan seorang muslim yang menjadi salah satu prioritas utama adalah urusan masjid, terkhusus bagi laki-laki, mulai dari pembangunan,merawat dan memakmurkan masjid. Tidak perlu diragukan bahwa urusan apapun yang berkaitan dengan masjid akan menjadikan sumber kebaikan, baik pribadi, keluarga dll.

Rasulullah bersabda “Barangsiapa membangun masjid semata-mata karena Allah meski hanya sebesar sangkar burung atau bahkan lebih kecil dari itu, maka Allah akan membangunkan baginya satu istana di surga.” Rasulullah juga mengabarkan bahwa ada 7 golongan yang akan mendapatkan naungan Allah pada hari yang tiada naungan kecuali naungan-Nya dan salah satunya adalah orang-orang yang hatinya terpaut dengan masjid, setiap kesempatan akan dimanfaatkan untuk memakmurkan masjid.

Sesungguhnya yang memakmurkan masjid Allah hanyalah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta (tetap) melaksanakan salat, menunaikan zakat, dan tidak takut (kepada apapun) kecuali kepada Allah. Maka mudah-mudahan mereka termasuk orang-orang yang mendapat pentunjuk.” (QS.At-Taubat:18)

Masjid adalah institusi pertama yang dibangun oleh Rasulullah SAW saat beliau hijrah ke kota Madinah , yakni masjid Quba’. Rasulullah tidak menjadikan masjid hanya sebagai tempat ibadah shalat saja, melainkan digunakan juga sebagai tempat penyebaran dakwah, pembinaan, mengobati orang sakit, mendamaikan orang yang bertikai, tempat konsultasi , komunikasi, ekonomi, social dan budaya.

Pada zaman Rasulullah masjid dijadikan  sebagai pusat peradaban islam. Orang-orang yang memakmurkan masjid akan mendapatkan banyak pahala dari Allah.
“karena sesungguhnya masjid (Quba’ yang engkau bangun wahai Muhammad), yang telah didirikan diatas dasar taqwa dari mulanya, sudah sepatutnya engkau shalat didalamnya. Di dalam masjid itu ada orang-orang lelaki yang suka membersihkan(mensucikan) dirinya dan Allah mengasihi orang-orang yang membersihkan diri mereka (dzahir dan batin).” (QS.At-Taubat: 108).

Pertanyaannya, sudahkah kita termasuk orang-orang yang memakmurkan masjid?

semoga sedikit pengetahuan saya ini bermanfaat bagi kita(umat muslim). Dan semoga postingan saya kali ini mampu membuat kita lebih bersemangat lagi untuk  memakmurkan masjid.


Pemuda Masjid
x


Wassalamu’alaikum Wr.Wb

0 Response to "Jadilah Orang-orang Yang Memakmurkan Ke Masjid"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel